Friday, 14 November 2014

Cara Mengatasi FLASH DISK “ Write Protect “

Posted by on Friday, 14 November 2014
Cara Mengatasi FLASH DISK Write Protect

Salam Blogger, Bloggingpasuruan bagi bagi artikel lagi, kali ini tentang Cara Mengatasi FLASH DISK “ Write Protect “. Permasalan ini kadang sangat menjengkelkan apalagi jika Sobat benar benar sedang membutuhkan data dari Flash disk ternyata Sobat mendapai masalah “ Flash Disk Write Protect “.


Jika tutorial dibwah ini bukan spesifikasi kerusakan flasdisk yang anda cari, Baca juga artikel 


Sebenarnya masalah “Write Protect” terjadi sangatlah simple dan umumnya tidak disadari oleh user itu sendiri. Salah satu penyebab Write Protect yang paling umum terjadi adalah ketika Flash Disk masih tertancap di USB drive langsung dicabut tanpa melalui prosedur yang benar.


Kita langsung saja ke cara memperbaiki flashdsik di Write Protected :

Langkah Pertama :

1. Masuk ke Window >> Run (Ini khusus OS Windows)
2. Isikan pada field dengan “Regedit” >> enter..
3.Cari HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\ StorageDevicePolicies(kemungkinan di beberapa OS tidak dijumpai StorageDevicePolicies)
4. Pada sisi sebelah kanan akan ada DWORD bernama WriteProtect. Klik 2x pada DWORD tersebut dan ubah value-nya dengan 0
5. Klik OK dan Restart komputer.

Langkah ke dua:

1. Buka Command Prompt Windows dengan cara buka run dan isi dengan cmd dan ketik “CHKDSK /E Drive letter” : (contoh apabila flashdisk berada di drive E maka ketik “chkdsk /f e”.
2. Kemudian coba untuk membuat folder baru pada Flash Disk tersebut, apabila berhasil maka folder baru tersebut akan tersimpan di flashdisk walaupun flashdisk tersebut tidak tersambung pada komputer sekalipun.
3. Apabila masih gagal, coba ulangi format dengan perintah Format Drive letter: (contoh apabila flashdisk berada di drive G maka format g
4. Atau Sobat dapat dilakukan melalui Computer Management dan lihat volume drive flash disk yang akan diformat, kemudian format. Bila masih error, coba restart komputer dan coba lagi. (hentikan jika memang cara ini belum berhasil )

Langkah ke tiga :

1. Buka Windows Explorer, Klik kanan pada Drive Flash disk yang write protected kemudian klik “eject”,
2. Cabut Flash disk tersebut tanpa Safely remove,
3. Pasang kembali Flash Disk tersebut.

Apabila Flashdisk masih write protected, ulangi langkah 1-3, ( Cara dibawah ini adalah alternatif terakhir).

Cara Mengatasi Flash Disk Write Protection Menggunakan Diskpart Command Line


1. Masuk Window >> Run >> CMD tekan Enter

Cara Mengatasi FLASH DISK Write Protect

2. Sobat akan melihat tampilan command line seperti di bawah ini

Cara Mengatasi FLASH DISK Write Protect


3.Pada C:\windows\system32\DISKPART tekan Enter ( lihat gambar dibawah ini )

Cara Mengatasi FLASH DISK Write Protect


4. Sekarang ketik LIST DISK dan tekan Enter. Anda akan melihat sesuatu tabel seperti di bawah. Ini menunjukkan dua disk yang tersedia: Hard Disk Drive (HDD) sebagai Disk 0, dan USB flash drive sebagai Disk 1. Kita tahu bahwa USB flash drive adalah Disk 1 karena jauh lebih kecil daripada Disk 0 di hanya 7441 MB dibandingkan 298 GB. Hati-hatil ya jangan samapai salah pada langkah ini !!! 

Cara Mengatasi FLASH DISK Write Protect
Pada Langkah ini, jenis SELECT DISK 1 dan tekan Enter bahwa Disk 1 sekarang disk yang Sobat dipilih. Ketik ATRIBUT DISK, dan Diskpart akan memberitahu tentang flash drive Sobat. Yang terpenting adalah baris pertama “ Current Read-only state: yes “. Hal ini memungkinkan Sobat tahu bahwa, memang, flash drive dalam posisi “ WRITE PROTECT “.

Untuk menghapus WRITE PROTECT dengan Diskpart, ketik perintah ATRIBUT DISK CLEAR READONLY. Jika berhasil, yang akan dikonfirmasi oleh Disk attributes cleared successfully.


Jika semua cara di atas tidak mengatasi masalah Sobat dengan Flash Disk Write Protect maka jalan satu satunya perbaikan adalah menggunakan software.

Atau cara terakhir yang bisa Anda gunakan :

Pada kotak command propmt ( masih pada DISKPART ) berjalan sebagai ADMINISTRATOR, ketikkan :


DISKPART COMMAND PROMPT - BLOGGINGPASURUAN

diskpart

list volume
select volume n (where n = the problem volume)
attributes disk clear readonly
attributes volume clear readonly
 

Saya akan sangat berterima kasih jika sobat Blogger berkenan meninggalkan komentar, saran atau tambahan informasi serta pertanyaan seputar artikel Cara Mengatasi FLASH DISK “ Write Protect “. Semoga bermanfaat dan terima kasih..

close